Monday, January 19, 2009

150 Tahun St Ursula, Mencetak Manusia Berkualitas

Oleh Indira Permanasari

SUDAH 150 tahun usia sekolah Santa Ursula di Jalan Pos, Jakarta. Ribuan murid silih berganti memasuki bangunan bergaya kolonial itu. Mulai dari saat anak masih datang ke sekolah menumpang kuda, seperti dalam foto tua yang ditunjukkan Kepala SMA Santa Ursula Moekti K Gondosasmito OSU, MEd, hingga kini menumpang kendaraan roda empat.

Sejumlah fasilitas juga berubah demi menyesuaikan kehendak zaman. Akan tetapi, satu hal yang tidak banyak berubah, yaitu roh pendidikan membangun manusia seutuhnya, baik intelektualitas, karakter, maupun kepekaan sosial.

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Meutia Farida Hatta Swasono yang menempuh pendidikan menengah pertama dan atas di sana pada pertengahan tahun 1960-an pernah merasakan didikan para suster.

”Saya mendapatkan perlakuan yang sama dengan anak lain. Ikut kerja bakti bersama anak- anak lain dan kalau salah ya disetrap. Saya paling ingat kebagian kerja bakti menggosok WC di samping kantor kepala sekolah dan menimba air di sumur,” kenangnya.

Dia juga menikmati cara para guru mengajar di sana. Bagaimana para guru menularkan semangat belajar dan bekerja keras. Saat belajar ilmu falak, misalnya, Meutia ingat mendapat pekerjaan rumah tentang matahari. Selama satu minggu murid wajib berdiri di satu titik dan mengamati matahari terbit.

”Setiap pukul enam pagi teng, saya mengamati pergeseran matahari dan menggambarkan posisinya,” ujarnya. Pentingnya ilmu, disiplin, kerja keras, dan budi pekerti menjadi pengalaman yang terekam di benaknya.

Didirikan suster Ursulin

Sekolah Santa Ursula di Jalan Pos didirikan tahun 1859 oleh para suster Ursulin di Indonesia. Ordo Santa Ursula mulai berkarya di Indonesia pada tahun 1856. Di Indonesia terdapat sekitar 15 yayasan di bawah Ursulin Indonesia yang menaungi sekolah-sekolah dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas di Jawa dan luar Jawa.

Salah satunya adalah sekolah Santa Ursula di Jalan Pos yang menyelenggarakan pendidikan dari TK hingga SMA. Saat ini terdapat sekitar 5.000 anak menempuh pendidikan di sana.

Kedisiplinan dan prinsip egaliter termasuk kenangan yang membekas di benak Renata Arianingtyas, alumnus Santa Ursula angkatan 1990.

”Murid dan guru yang tidak masuk sekolah harus membawa surat izin dan lapor langsung ke suster kepala sekolah. Murid dan guru berbaris mengantre bersama-sama laporan ke suster. Kejujuran menjadi penting,” ujar Renata, alumnus sekaligus Program Manajer untuk Human Right, Citizenship, dan Equality Yayasan Tifa.

Soal disiplin itu masih berlaku sampai sekarang. ”Ada yang bilang sekolah Santa Ursula itu seperti di penjara dengan seragam kotak-kotak hijau. Namun, kita enggak merasa begitu kok. Kita diberikan kebebasan berpikir dan berekspresi,” ujar Dita, salah seorang murid kelas III SMP Santa Ursula.

Urusan kedisiplinan jangan dianggap main-main di sekolah itu. Rok tidak boleh naik di atas lutut dan kaus kaki tidak boleh menutupi betis. Dilarang makan dan minum di dalam kelas. Pengumpulan tugas tepat waktu. Selalu mengenakan seragam di lingkungan sekolah. Tepat waktu datang ke sekolah. Dilarang mencontek atau keluar dari sekolah. Buanglah sampah pada tempatnya, dipisahkan antara sampah organik dan nonorganik. Itu hanya sebagian ”aturan main”.

Kepekaan sosial

Di sekolah itu pula, para lulusannya diasah kepekaan sosialnya. Renata masih mengingat bagaimana suster berani mengambil jam pelajaran dua hingga tiga minggu untuk retret dan live-in atau tinggal bersama warga di komunitas tertentu yang berbeda dari keseharian para murid. Lewat kegiatan tersebut, mereka juga dibiasakan berpikir kritis.

”Biasanya mendekati akhir tahun ajaran di kelas III anak- anak sekolah lain sedang sibuk drilling mempersiapkan ujian akhir, tetapi kami malah pergi ke desa dan merasakan tinggal bersama warga. Anak Sanur (Santa Ursula) banyak yang berasal dari kelas menengah dan atas. Lewat pengalaman tersebut, siswa belajar bahwa ada realitas yang berbeda,” ujarnya.

Asahan kepekaan sosial tersebut juga dirasakan presenter sekaligus Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV Rosiana Silalahi. Pada masanya, Rosiana termasuk tim pengajar anak-anak miskin di kawasan Cilincing, Jakarta Utara. Dia juga masih mengingat setiap tanggal 17 setiap bulannya sekolah mewajibkan mereka menggunakan transportasi umum.

”Tidak boleh naik taksi. Harus transportasi umum seperti bus, bemo, atau bajaj,” ujar Rosiana.

Dalam bukunya, Catatan Seorang Pendidik; Fikir, Suster Francesco Marianti, OSU yang 25 tahun memimpin SMA Santa Ursula, menegaskan bahwa pendidikan meliputi seluruh aspek dalam diri manusia. Aspek intelektualitas, keterampilan, kepribadian, dan kepekaan sosial diberi peluang berkembang semaksimal mungkin. Hal tersebut sesuai dengan misi Serviam, yang berarti ”aku mengabdi” tujuan pendidikan membentuk manusia mandiri, berkepribadian utuh, humanis, serta berorientasi pada nilai-nilai luhur.

Kepala SMA Santa Ursula Moekti K Gondosasmito OSU, MEd, mengatakan, metode pengajaran di sekolah Santa Ursula adalah membantu kaum muda agar bertumbuh dengan utuh baik intelektual, karakter, dan kepekaan sosial. Bahasa barunya barang kali komunitas pembelajar yang interaktif, inovatif, dan kreatif.

Intelektualitas dikembangkan melalui pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, dan pemberian tugas agar potensi peserta didik bisa optimal.

Pada akhirnya yang terkenang dari sebuah institusi pendidikan bukan dahsyatnya nilai rapor atau berbagai piala, tetapi nilai-nilai yang dapat mereka pakai dalam kehidupan serta karya di masyarakat.

http://www.kompas.com/read/xml/2009/01/19/0701348/150.Tahun.St.Ursula..Mencetak.Manusia.Berkualitas

26 comments:

Anonymous said...

Why viewers still make use of to read news papers when in this technological world the whole thing is presented on web?


Here is my web page: robe d'avocat

Anonymous said...

Hi, yes this piece of writing is actually fastidious and
I have learned lot of things from it concerning blogging.

thanks.

Feel free to visit my website - dépanneur serrurier Reelax

Anonymous said...

Hi, i think that i saw you visited my blog so i got here to go back the prefer?

.I am attempting to to find issues to enhance my site!

I assume its adequate to use some of your concepts!

!

my page :: [Home]

Anonymous said...

That is very interesting, You are an overly skilled blogger.
I've joined your rss feed and sit up for searching for more of your great post. Additionally, I have shared your web site in my social networks

my web blog http://nwnwiki.neverwinter.cz/index.php?title=U%C5%BEivatel_diskuse:KeiraRust

Anonymous said...

Why viewers still make use of to read news papers when in this technological globe all is
available on web?

Also visit my weblog :: tarif encastrer un coffre fort à clé pas cher

Anonymous said...

My brother suggested I might like this blog.

He used to be entirely right. This submit truly made my day.

You cann't consider just how much time I had spent for this information! Thanks!

my web site ... Changement De Serrure

Anonymous said...

Hi there would you mind sharing which blog platform you're using? I'm going to start my own blog soon but I'm having a difficult time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I'm looking for something
unique. P.S Sorry for being off-topic
but I had to ask!

Feel free to visit my website: View Web Page

Anonymous said...

I drop a comment when I especially enjoy a article on a site or I
have something to valuable to contribute to the discussion.

Usually it is a result of the sincerness displayed in the post I looked at.
And after this post "150 Tahun St Ursula, Mencetak Manusia Berkualitas".
I was moved enough to drop a thought :-) I actually do
have a couple of questions for you if it's allright. Is it only me or does it give the impression like some of the comments appear as if they are written by brain dead individuals? :-P And, if you are posting on additional places, I'd like to keep up with you.

Could you make a list all of all your community sites like your Facebook page,
twitter feed, or linkedin profile?

My web blog; http://vnprojekt.ph-gmuend.de/mw/index.php/Benutzer:FreyaBrow

Anonymous said...

That is really fascinating, You are a very skilled blogger.
I have joined your feed and stay up for in search of more of your magnificent post.
Additionally, I have shared your website in my social networks

My site ...

Anonymous said...

I am genuinely delighted to glance at this website posts
which consists of lots of helpful information, thanks for providing such information.


Take a look at my blog JordanBook - The First Jordanian Social Network - Blog View - Installer Coffre Fort Banque

Anonymous said...

What a data of un-ambiguity and preserveness of precious experience on the topic of unexpected
emotions.

Feel free to surf to my webpage ... vourtimeri.com

Anonymous said...

I got this site from my pal who informed me on the topic
of this web site and now this time I am browsing this site
and reading very informative posts here.

my web-site :: serrurier

Anonymous said...

re օverweight ɑnd suffering from chronic yeast infections.

TҺe most common yeast infection ѕymptoms in women are:
• Itching in tҺe female reprօductiνe organ's region
• Sօreness • Burning sensation ѡhile passing urine • Thicκ female reproductive organ's discharge
which is white in colour • Bɑd odour in the female reproductive oгgan's region •
Pain in the female reρroduϲtive οrgan's area • Abdоminal Pain These ѕymptoms may bе еxperiencеd by certain womеn many times in a
year. Many times this will be thе identical remedy, in the form of topically applіed creams and remedies.


my weƄ page - Yeast infection no more free download

Anonymous said...

If you desire to grow your familiarity just keep visiting this web page and be
updated with the hottest news update posted here.


Here is my blog: Magic Submitter Reviews

Anonymous said...

Thank you for the auspicious writeup. It if truth be told used
to be a entertainment account it. Glance advanced to more delivered agreeable from you!
By the way, how could we communicate?

Visit my blog :: deer hunter 2014

Anonymous said...

Excellent pieces. Keep posting such kind of information on your page.
Im really impressed by your blog.
Hey there, You have done a fantastic job. I will definitely digg it and in my opinion suggest to my friends.
I am confident they'll be benefited from this web site.


Have a look at my blog post: 24 hour plumber Mesa

Anonymous said...

beauty products and medicus okulista szczecin pl.
beauty products

My weblog; części do ciągników rolniczych

Anonymous said...

Wonderful beat ! I wish to apprentice while you amend your website, how can i subscribe for a blog site?

The account aided me a acceptable deal. I had
been a little bit acquainted of this your broadcast offered
bright clear idea

Here is my website: code xbox live gratuit

Anonymous said...

Attrаctive paгt of content. I simply stumbleԁ upon your weblog and iin accession capіtal to claim that I acqƴire in fact enjoүeԀ accοunt your weƅlog posts.
Any way I will be subscribing on your augment or even I achievement you access consistently rapidly.



Also vjsit my blog - Handicap Golfers

gem1musi said...

دانلود آهنگ
دانلود آهنگ جدید
آهنگ شاد رقصیدنی
ریمیکس رادیو جوان
ریمیکس شاد قدیمی
آهنگ تولدت مبارک
آهنگ پرسپولیس
آهنگ رپ خارجی
آهنگ های علی یاسینی
آهنگ شاد عروسی

Anonymous said...

Hello Dear, are you genuinely visiting this web site on a
regular basis, if so then you will absolutely take good experience.

fgthtyhsrty said...

supreme outlet
kobe sneakers
birkin bag
jordan 12
lebron shoes

Unknown said...

Learn More Here replica bags from china find this www.dolabuy.su discover this info here dolabuy replicas

Unknown said...

high end replica bags z05 b8a97o8p51 replica gucci q84 y8b37y2j33 best replica bags online f06 s3x63c2p57

Anonymous said...

jordans shoes
bape hoodie
paul george shoes
yeezy boost 700
curry 8
off white
bape official
supreme t shirt
kd shoes
jordan outlet

Anonymous said...

supreme hoodie
kyrie 7
off-white
supreme
Golden Goose
hermes handbags
golden goose
bape outlet
bapesta shoes
nike sb dunk low