Monday, November 10, 2008

MENERIMA, MENYIMPAN, LALU MATI

Di Palestina ada dua laut yang sangat berbeda. Yang satu dinamakan laut Galilea, sebuah danau yang luas dengan air yang jernih dan bisa diminum. Ikan dan manusia berenang dalam danau tersebut. Danau itu juga dikelilingi oleh ladang dan kebun hijau. Banyak orang mendirikan rumah mereka di sekitarnya. Yesuspun berlayar di danau itu beberapa kali.


Laut yang lain dinamakan Laut Mati, dan sungguh-sungguh sesuai dengan namanya, segala sesuatu yang ada di dalamnya mati. Airnya sangat asin sehingga bila orang meminumnya orang itu bisa sakit karenanya. Danau itu tidak ada ikannya. Tak ada sesuatupun yang tumbuh di tepiannya dan tak seorangpun ingin tinggal di sekitar danau itu karena baunya yang tak sedap.


Yang menarik adalah kedua laut tersebut ternyata berasal dari satu sungai, yaitu sungai Yordan. Tapi mengapa kedua laut itu bisa berbeda karakteristiknya? Bedanya adalah: Danau yang satu menerima dan memberi; sedangkan danau yang satunya hanya menerima dan menyimpan. Di Laut Galilea, Sungai Yordan mengalir ke permukaan danau Galilea dan mengalir keluar dari dasar danau tersebut, danau tersebut meneruskan air Sungai Yordan kepada danau lainnya. Sedangkan di Laut Mati, Sungai Yordan mengalir ke laut mati, namun tak pernah keluar lagi. Laut mati hanya menyimpan air Sungai Yordan bagi dirinya sendiri. Hal itulah yang membuatnya mati.

1 comment:

Mr T said...

Ditaruh mana akuariumnya,pak ???