Monday, September 01, 2008

I SURRENDER ALL

Lukas 25: 14

"Sebab hal kerajaan sorga sama seperti seorang yang mau berpergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka"

Kemarin gereja berulangtahun yang ke 51. Acara berjalan baik. Ibadah yang dipimpin oleh Jeffry S. Tjandra juga berjalan dengan baik, dalam arti ada kerjasama yang baik antara pemusik dan pemimpin ibadahnya. Hmmm . . . saya kira cara memimpin ibadah ala Jeffry S. Tjandra cukup inspiratif bagi gereja yang disebut-sebut tradisional. Ah sayangnya, lagu-lagu yang dibawakan oleh beliau tidak semuanya dimengerti jemaat, setidaknya oleh saya. Setidaknya lebih dari dua lagu saya belum pernah mendengar lagu-lagunya sehingga hal itu agak mengganjal bagi saya.

Tapi saya kembali "dihibur" oleh penyampaian firman Tuhan yang dibawakan Pdt. Rahmiati Tanudjaja (SAAT-Malang). Inilah yang hendak saya bagikan, khususnya refleksi terhadap diri saya pribadi. Dengan mengangkat Lukas 25: 14, soal perumpamaan talenta, beliau menjelaskan bagaimana kita perlu bersyukur karena anugerah keselamatan yang diberikan Tuhan. Salah satu butir yang dijelaskan adalah pada kalimat "mempercayakan hartanya kepada mereka." Berulangkali ia menekankan sepotong kalimat itu. Dan itu mengena hati saya.

Dengan penekanan itu, ia menjelaskan bahwa semua yang ada pada kita adalah milik Tuhan. Kebenaran ini sangat hitam putih. Sangat jelas, tanpa tedeng aling-aling. Harta yang diberikan kepada hamba-hambanya adalah milik sang tuan. Itu bukan diberikan dalam arti berganti hak milik. Namun harta itu dipercayakan; artinya harta itu tidak berganti hak milik. Kepemilikan tetap ada di tangan sang tuan. Dan seperti yang kita ketahui, satu ketika sang tuan berhak minta hartanya kapanpun, atau minta hartanya digunakan untuk tujuan sesuatu, dan seterusnya. Semua ada di dalam wewenang tuannya.

Firman itu sangat mengena saya. Spontan saya langsung berinteraksi dengan diri. Banyak pertanyaan reflektif muncul: apakah selama ini saya menganggap apa yang dipakai dan digunakan adalah milik saya, apakah selama ini saya telah menggunakan semuanya itu untuk Tuhan, apakah kendaraan yang saya miliki telah digunakan untuk pelayanan Tuhan, apakah uang pun telah digunakan untuk pekerjaan Tuhan. Atau apakah selama ini saya pelit bila Tuhan meminta sesuatu dari saya, yang sebenarnya adalah milik-Nya? O God, help me to pray and do like this song:
I surrender all
I surrender all
All to Jesus, I surrender
I surrender all

1 comment:

Anonymous said...

SETUJU PAK !!!!!!!!!!!!!